CARA UNTUK MENGHINDARI TULANG BENGKOK atau BONGKOK PARA PENDAKI



Pendaki adalah orang-orang yang berisiko menjadi bongkok loh.. Bongkok terjadi pada pendaki yang membawa beban berlebihan dengan posisi yang non-ergonomis. 


Ergonomis yaitu penyesuaian fungsi desain peralatan untuk meningkatkan kenyamanan. Pilihlah jenis carriel yang ergonomis dan yang membantu mengamankan punggung kita. 


Ergonomis pada carriel adalah bagian punggungnya sesuai dengam lekukan punggung. Bahan frame yang kokoh juga memastikan lekukan tetap terjaga selama membawa beban. Bantalan/busa yang nyaman memastikan posisi punggung tetap simetris kiri dan kanannya. 


Bantalan/busa yang nyaman juga dapat memastikan posisi punggung tetap simetris kiri serta kanan. Posisi yang simetris juga dapat menghindari tulang bengkok ke kanan/kiri (Skoliosis). 

Jika carriel kita ergonomis, saat berjalan posisi kita juga akan tetap ergonomis, posisi saat mendaki tidak terlalu membongkok/tegak, namun condong ke depan. 

Posisi berjalan condong ini sesuai dengan kemiringan tanjakan. Semakin miring, semakin condong badan. 

Begitulah posisi ergonomis ketika saat mendaki. Dengan memahami peralatan & posisi yang ergonomis, kita akan terhindar dari risiko bongkok. 



Dan perlu diperhatikan, Beban yang dibawa juga harus maximal 1/3 dari berat badan. 

Begitulah cara untuk menghindari tulang bengkok/bongkok. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan.





0 komentar